Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Untuk Mencegah Gagal Ginjal

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Untuk Mencegah Gagal Ginjal

Meskipun gagal ginjal dapat terjadi selama beberapa jam atau beberapa hari, biasanya berkembang selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Mengalami gagal ginjal berarti ginjal Anda tidak dapat menyaring kelebihan cairan dan produk limbah dari darah Anda. Ini menghasilkan penumpukan racun, cairan, dan limbah berbahaya dalam darah. Untuk tetap hidup, Anda memerlukan dialisis ginjal secara teratur, atau transplantasi ginjal. Lebih dari satu dari tujuh orang dewasa Amerika memiliki penyakit ginjal kronis (CKD), menurut American Kidney Fund, tetapi kebanyakan tidak tahu bahwa mereka terpengaruh sampai kondisinya sudah lanjut.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Untuk Mencegah Gagal Ginjal

Karena penyakit ginjal stadium akhir dapat menyebabkan penumpukan limbah di tubuh Anda dan menyebabkan sejumlah kondisi kesehatan lainnya termasuk asam urat, penyakit tulang, dan penyakit jantung, ada baiknya melindungi kesehatan ginjal Anda meskipun Anda belum didiagnosis. dengan CKD. Diet Anda adalah salah satu cara terpenting untuk membantu menjaga kesehatan ginjal Anda untuk mencegah atau mengelola CKD. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang cara menurunkan kemungkinan Anda terkena penyakit ginjal.

Kelola Gula Darah

Kadar gula darah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk yang di luar kendali seseorang seperti hormon, penyakit, atau stres. Seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah di dalam ginjal menjadi sempit dan tersumbat serta dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan membahayakan ginjal. Jika Anda menderita diabetes, cara terbaik untuk melindungi ginjal Anda adalah dengan memengaruhi kadar gula darah Anda sebaik mungkin. Rencana perawatan Anda mungkin termasuk perubahan pola makan, olahraga, dan obat-obatan untuk menurunkan kadar gula darah Anda.

Lakukan Pemeriksaan Rutin

Anda membawa mobil Anda untuk disetel untuk memastikannya berjalan dengan lancar, jadi mengapa Anda tidak merawat tubuh Anda? Dokter Anda dapat memeriksa penyakit ginjal dengan 2 tes sederhana: tes urin dan tes darah. Tes urin yang disebut rasio kreatinin albumin (ACR) memeriksa apakah ada protein yang disebut albumin dalam urin Anda. Tes darah yang disebut laju filtrasi glomerulus (GFR) memberi tahu seberapa baik ginjal Anda bekerja untuk membuang limbah dari tubuh Anda. Kami telah membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk mengetahui risiko Anda.

Makan Diet Sehat

Rencana diet yang sehat, seperti Diet Mediterania dan Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension), dapat membantuĀ https://www.fsnoi.org/ menurunkan tekanan darah dan lipid darah (lemak dalam darah). Rencana makan ini termasuk buah-buahan dan sayuran segar, susu dan produk susu bebas lemak atau rendah lemak, biji-bijian, ikan, unggas, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Mereka juga memiliki lebih sedikit natrium, gula, lemak, dan daging merah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post